Prinsip Dasar Televisi

| Rabu, 19 Februari 2020





PRINSIP DASAR PERTELEVISIAN

Stasiun Televisi merupakan suatu lembaga profit atau non profit yang dimiliki oleh pemerintah atau swasta yang mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan kegiatan penyiaran audio dan visual dalam format program acara, spot commercial break, corporate ID dan sebagainya  melalui berbagai teknis penyiaran (terestrial, cable, satelite dan sebagainya), dimana siaran tersebut dapat ditangkap dalam suatu kawasan melalui suatu perangkat penerima siaran tersebut, seperti : pesawat televisi, komputer yang dilengkapi dengan TV tuner dan sebagainya.

Pertelevisian Indonesia dimasa depan akan mengalamai perubahan besar-besaran. Hal ini terjadi karena Indonesia adalah bagian dari masyarakat dunia, dimana Indonesia tidak mungkin bisa lepas dari perubahan besar pada format pertelevisian dunia.  Perubahan tersebut diantaranya disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi yang membuat berbagai piranti seperti komputer, telepon genggam, PDA, televisi dan sebagainya menjadi satu alat multi fungsi yang dapat menggantikan berbagai piranti lainnya.

 

TAHAPAN PRODUKSI TELEVISI

Produksi televisi merupakan proses pembuatan acara untuk ditayangkan ditelevisi. Proses produksi ini merupakan perjalanan panjang yang melewati berbagai tahapan, melibatkan banyak sumber daya manusia dengan berbagai keahlian dan berbagai peralatan serta dukungan biaya. Acara televisi tersebut diproduksi oleh stasiun televisi (in house production) atau pihak luar yang biasa disebut sebagai rumah produksi (production house).

 

.PRA PRODUKSI     

JENIS PROGRAM TELEVISI

 

1.News, merupakan identitas khusus sebuah stasiun televisi.

a.Hardnews

Berita singkat Liputan 6 pagi, siang, petang dan malam serta Liputan 6 terkini Metro Pagi, Metro Siang, Metro Hari Ini dan Metro Malam, Buletin Pagi, Buletin Siang, Buletin Malam dan Seputar Indonesia (RCTI), Fokus (Indosiar) dll.  In Depth Reporting. contoh  : Investigasi di program Reportase Sore.

 

b.Softnews

Feature News, Sport News, Magazine, Entertainment News, Dokumenter (Documentary Film) dsb.

 

2.Non Fiksi

a.Talkshow

bQuiz

c.Variety Show

d.Musik Show

 

3.Fiksi

a.Sinetron, FTV

b.Komedi

-Komedi Situasi, cerita lucu yang kelucuannya bukan berasal dari para pemain, melainkan karena situasinya.

-Komedi Slapstic, Cerita lucu yang diciptakan dengan adegan menyakiti para pemainnya, atau dengan gerak vulgar dan kasar.

-Komedi Satire, Cerita lucu yang penuh sindiran tajam.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲